Senin, 05 November 2012

Tugas 2 Pemrograman Visual


TUGAS MENGANALISA PEMROGRAMAN VISUAL

A. Latihan 1 Variabel Constanta Type Data
  • Berikut analisis program dari tugas Pemrograman Visual Basic :
1. Apa yang menyebabkan error btalamat1_Click pada baris program alamat = “kuningan”
  • Variabel tersebut belum di deklarasikan dengan “Dim” sehingga, variable tersebut tidak bisa dijadikan sebagai target operasi.. Seharusnya :

         
  
2. Kenapa saat ditekan tombol nama1 dan nama2 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedangkan saat ditekan tombol alamat 1 dan alamat 2 alamat yang ditampilkan pada textbox alamat sama ?
  • Karena pada source code, tombol nama1 memanggil variabel nama dari local “Dim” sedangkan pada tombol nama2 memanggil variabel nama dari modul/keseluruhan “karena tidak terdapat “Dim” :
  • modul :

         
  • Sedangkan pada tombol alamat1 dan alamat2 apabila ditekan maka alamat yang ditampilkan di textbox sama, karena pada source code di form satu sudah terdapat variabel “Const” yaitu sebagai berikut :


3.   Kenapa saat ditekan tombol tambah umur1 umur selalu keluar angka 1 sedangkan saat ditekan tombol tambah umur2 umur selalu bertambah 1 dari umur sebelumnya ??
  • Pada program bttambahumur1_Click baris Dim umur As Integer, seharusnya Dim diganti dengan Static agar saat ditekan tombol tambah umur 1, umur bertambah 1 dari sebelumnya.
4.   Analisa pada form dua :
  • Pada form dua menggunakan “Option Explicit Off“, yang artinya pesan variabel tidak diharuskan terlebih dahulu digunakan. Sehingga tidak perlu didefinisikan lagi  karena program pada form dua ini akan mengambil definisi variabel dari public pada form satu ataupun di module.




B.  Latihan 2 If dan Case

1. Kelamahan yang pertama adalah saat memilih item “TAS” di commbobox tidak muncul harga tetapi yang muncul “-“. Untuk perbaikannya kita lakukan cooding seperti di bawah ini:

Hasilnya :


















2. Pada saat program dijalankan, setelah jumlah barang diisi pada textbox total bayar sudah langsung menampilkan jumlah sebelum kita pilih Tunai ataupun Kredit. Cara memperbaiki dengan cara menghapus txttotalbayar.Text = Val (txtharga.Text) - Val (txtdiskon.Text) pada txt jmlbarang.

4. Ketika kita akan keluar dari program tidak ada pilihan (msg box)  untuk keluar sepeti Yes/No sehingga saat di tekan tombol tutup program akan secara langsung keluar . Maka untuk mnembahkan pilihan (msg box) tersebut di lakukan cooding seperi dibawah ini :








Hasilnya :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar